• Home
  • Ekonomi
  • Setelah Melonjak Tinggi, Harga Emas Terkoreksi Tipis

Setelah Melonjak Tinggi, Harga Emas Terkoreksi Tipis

- Selasa, 04 Desember 2018 10:10 WIB
GARIS KOTA, Jakarta - Harga emas turun tipis setelah melonjak pada perdagangan kemarin. Selasa (4/12) pukul 7.38 WIB, harga emas untuk pengiriman Februari 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1236,50 per ons troi, turun 0,25% jika dibandingkan dengan harga kemarin pada US$ 1.239,60 per ons troi.

Meski turun dalam sehari, harga emas masih menguat 1,36% dalam sepekan terakhir. Harga emas menguat setelah indeks dollar terkoreksi di awal pekan. Indeks dollar kemarin ditutup pada level 97,04, maih lebih tinggi daripada rata-rata tahun ini yang ada di 93,31.
"Penguatan harga emas ini ditopang oleh pelemahan dollar," kata Hareesh V, head of commodity research Geojit Financial Services kepada Reuters. Dia menambahkan, pasar emas akan mengamati perkembangan dalam 90 hari masa tenggang perang dagang Aemerika Serikat (AS) dan China.

Di sisi lain, Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa suku bunga saat ini hanya sedikit di bawah level netral. Hal ini memicu ekspektasi bahwa periode kenaikan suku bunga segera berakhir.

Kunal Shah, head of research Nirmal Bang Commodities mengatakan, pesimisme harga emas akibat kenaikan suku bunga berangsur turun. Alhasil, pasar mulai mengakumulasi emas. "Pada akhir Desember, harga emas Comex bisa mencapai US$ 1.250," kata dia.

Editor: wiwin

T#gs ANTMAntamEmasEmas AntamEmas DuniaHarga Emas
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments